Tuesday, March 3, 2009

1001 warisan ibuku : tentang jodoh..

Aku baru kelas lima, waktu itu. Entah dapat kabar darimana, ibuku bisa tahu kalau semalaman aku menangis. Bahkan beliau tahu, apa sebabnya.

Tetanggaku. Shinta namanya. Dia dan keluarganya akan pindah. Padahal, terlanjur kusimpan rasa untuknya. Tapi sama sekali tak berani mengungkapkannya.

Adalah biasa, sesudah sholat ashar, ada teh dan camilan. Dan tentu saja sebuah obrolan. Sambil melihat kendaraan berlalu lalang, di teras rumah, kami berbagi cerita seharian.

"Shinta mau pindah. Karena itu kamu menangis? Buat apa? Apa kamu pikir dengan begitu kamu bisa mengubah cerita?.

Le, ibu kasih tahu kamu satu rahasia. Jodoh memang di tangan tuhan. Tapi yang kamu harus tahu, Dia hanya menulis judul dan pembukanya saja. Sengaja. Selanjutnya, Dia akan meminjamkan pena-Nya, untuk mereka yang mau berusaha. Dengan begitu, manusia bisa menuliskan sendiri lanjutan kisahnya. Akan jadi apa atau berhenti begitu saja.

Dia yang mengatur pertemuan. Namun berikutnya, Dia hanya akan melihat dari kejauhan. Semuanya terserah kalian. Mau sekedar berteman, melanjutkan sampai pernikahan, atau menghentikan hubungan.

Atas kuasa-Nya, Tuhan sudah mempertemukan kamu dan Shinta. Selanjutnya kamu yang harus berusaha. Mau seperti apa kelanjutannya. Tapi kamu juga harus tahu. Semua keputusan adalah kesepakatan. Bukan atas kemauan sebelah tangan. Jadi kalau memang Shinta tidak mau melanjutkan jodohnya denganmu, kamu harus bisa terima.

Tak perlu khawatir kesepian. Karena Tuhan akan mengadakan banyak pertemuan. Jadi akan ada banyak pilihan. Dan kalau ternyata tidak satupun kamu suka. Nanti akan tiba waktunya, kamu bisa kembali mencari Shinta. Kembali menanyakan cintanya. Siapa tahu dia sudah berubah. Dan mau menyerahkan takdirnya.

Sekarang, habiskan tehmu dan pergilah. Sekalian bawa kue bolu untuk mamanya. Salam dari ibu. Hati-hati Le"

2 comments:

  1. Aq jd inget diskusiku dg ibu. Bliau jg bilang, salah kaprah manusia berkata jodoh di tangan Tuhan.

    Jodoh, qta lah yg memilih. Tentu dg stiap konsekuensinya. And itu sebab Baginda Rosul bersabda utk mencari pendamping lewat 4 kriteria.

    But, janji Allah dlm kitabnya yg agung. Yg baik akn dipertemukan dg yg baik. Dan sebaliknya.

    Salam,

    ReplyDelete
  2. hehehehe.. ya jodoh memang di tangan Tuhan tapi jika kita diam saja dan tidak menjemputnya maka selamanya dia masih saja ditangan Tuhan huehuehuehue....

    ReplyDelete